Prosesor

Juga dikenal sebagai ‘chip’ atau ‘CPU’, prosesor mengendalikan segala sesuatu yang komputer Anda lakukan. Prosesor membuat Anda melakukan beberapa hal seperti bekerja, email dan surf – semuanya pada … waktu yang bersamaan. Semakin kuat prosesor semakin baik untuk berbagai tugas yang lebih menuntut sehingga dapatkanlah sebuah prosesor yang agak lebih tinggi dari kebutuhan terkini Anda.

Nomor Prosesor

Berlaku seperti nomor serial, nomor prosesor membedakan berbagai fitur yang ada di dalam suatu keluarga prosesor, dengan angka yang lebih tinggi biasanya mengindikasikan lebih banyak fitur. Anda bisa menggunakan nomor ini untuk memverifikasikan bahwa prosesor pilihan Anda termasuk berbagai fitur yang Anda inginkan. Ingatlah bahwa nomor prosesor tidak melintas batas berbagai keluarga prosesor yang berbeda.

Clock Speed

Seperti stopwatch, clock speed mengukur seberapa cepat prosesor Anda melakukan satu siklus aktivitas. Clock speed yang lebih cepat membuat komputer Anda dapat mengeksekusi berbagai instruksi secara lebih cepat, mendapatkan keuntungan dari sebagian besar aplikasi mulai dari game sampai photo editing dan lebih banyak lagi. Tingkat Clock speed ditunjukkan dalam gigahertz (Ghz).

Gigahertz (Ghz)

Unit ukur yang biasa dipakai untuk mengungkapkan kecepatan prosesor, juga disebut sebagai clock speed. 1 Gigahertz (GHz) = 1 billion cycles per detik. Angka yang lebih tinggi dimaksudkan untuk suatu prosesor yang lebih cepat, namun kemajuan teknologi telah membuat chip menjadi lebih efisien. Untuk alasan ini, tidak dianjurkan untuk membandingkan performa berdasarkan pada Gigahertz atau clock speed saja.

Core dan Thread

Core dan thread bergandengan tangan. Prosesor multi-core merupakan chip tunggal yang berisi dua atau lebih prosesor yang distinct atau core pengeksekusi dalam sirkuit integrasi yang sama. Multi-threading membuat setiap core bekerja pada dua tugas secara bersamaan, membuat Anda melakukan lebih banyak hal pada waktu yang sama untuk hasil-hasil yang lebih cepat.